Tips Mengerjakan Soal Ujian

Bulan Desember adalah bulan terakhir dalam satu tahun sekaligus sebagai bulan terakhir di semester ganjil. bulan desember sebagai bulan ajang untuk berjuang diujian akhir semester. para siswa dari SD, SMP sampai SMA sedang menghadapi ujian. mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan prestasi yang terbaik.
berbagai langkah yang dilakukan pra siswa macam-macam ada yang mengikuti les, ada yang lembur menghafal materi, ada juga yang ngebut belajar dengan sistem SKS (sistem Kejar Semalam). semua itu dilakukan agar hasil yang diperoleh memuaskan. sehingga raport yang nanti dibagikan kepada orang tua bisa membuat bangga orang tuanya.
apapun langkah para siswa untuk mencapai hasil yang maksimal, saya harapkan kalian mengerjakan ujian dengan jujur. karena jujur adalah pondasi dari karakter pribadi diri kalian. hasil ujian akan dijadikan acuan evaluasi pembelajaran di semester depan atau tahun ajaran baru. sehingga hasil apapun itu lakukanlah dengan jujur.
tips dari saya ketika mengerjakan soal ujian adalah:
1. berdoa sebelum mengerjakan
2. jangan tergesa-gesa dalam mengerjakan
3. buatlah suasana rileks, karena ini sangat penting. ketika kondisi kita tegang dapat menyebabkan materi yang sudah kita pelajari menjadi lupa. jadi bersikaplah santai saja.
4. tidak usah pedulikan teman yang bertanya. anggap saja sebagai angin lalu yang menghembas lalu akan segera pergi.
5. percaya diri saja terhadap jawaban kalian
6. jika masih ada yang belum selesai tidak usah mencontek temannya. jika memang tidak bisa maka biarkan saja kosong
7. jika masih ada sisa waktu maka teliti kembali jawaban kalian.
8. jika memang sudah selesai maka tinggal dikumpulkan
9. kerjakanlah soal-soal yang menurut kamu bisa terlebih dahulu
10. jika ada satu soal yang dikerjakan memakan waktu cukup banyak tetapi belum juga ketemu hasilnya, maka loncatilah terlebih dahulu soal tersebut.
kira-kira begitulah tips saat mengerjakan soal ulangan atau ujian. smeoga dapat bermanfaat untuk kita semua. khususnya untuk adik-adik yang sekarang sedang menghadapi ujian akhir semester gasal. selalu ingat yah kerjakanlah dengan jujur.

Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Tegal Tobleg, unik dan menarik

Ciplukan Londo Enak Rasanya Banyak Manfaatnya

Trigonometri