Ciplukan Londo Enak Rasanya Banyak Manfaatnya

Ciplukan Londo atau yang biasa dikenal dengan Rambusa (passiflora foetida) adalah sejenis buah kecil berbentuk bulat loncong yang ketika matang berwarna kekuning - kuningan. Setiap daerah memiliki nama yang berbeda-beda untuk buah ini ada yang menyebutnya ceplukan blungsun, keceprek dan timun dendang.
Tanaman ini berasal dari daerah Amerika Selatan, yang sekarang menyebar di berbagai tempat. Tumbuhan ini tumbuh secara liar di sawah-sawah, pasir pantai, tepi jalan, dan daerah hutan yang cukup akan sinar matahari. Buahnya yang manis banyak disukai oleh anak-anak, biasanya orang zaman dahulu lebih banyak memanfaatkannya sebagai buah tangan dari hasil berkebun untuk anaknya yang menunggu pulang kedua orang tuanya. Rasanya yang manis dan bentuknya yang unik menambah keunikan buah dari tanaman ini
Tanaman ini tumbuh dengan merambat di tanah atau batang pohon yang lain. Panjang dari tanaman ini dapat mencapai 2 meter dengan batangnya yang sedikit berbulu tetapi tidak membuat gatal dikulit. Daun dari tanaman ini termasuk dalam daun tunggal dengan panjang tangkai daun 1 – 3 cm. Bentuk daunnya bundar telur, terbagi tiga dengan tepi rata yang ujung-ujungnya meruncing. Bunga dari tanaman ini memiliki keunikan tersendiri yaitu terdapat kelopak tambahan berupa daun pembalut tiga helai terbagi menyirip rangkap dengan taju serupa benang teranyam yang mencapai 1 – 3 cm. Bunganya yang berwarna putih cerah dengan warna ungu ditengahnya menambah keindahan dan keunikan dari tanaman ini. Buah dari tanaman ini berbiji banyak berbentuk bulat lonjong yang mencapai 1,5 – 2 cm.
Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari tanaman ini mulai dari buahnya, daunnya sampai dengan akar-akarnya. Berikut ini macam-macam manfaat dari tanaman rambusa:
1.      Menjaga kesehatan kulit
Setiap orang menginginkan kulit yang sehat, buah ini memiliki kandungan yang cukup bagus dalam menyehatkan kulit. Kulit yang sehat dan halus pastinya sangat diimpikan oleh setiap orang. Sebiaknya konsumsi buah ini karna kandungan alaminya dapat menghaluskan kulit.
2.      Dapat Mencegah sariawan
Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah ini mampu untuk mencegah sariawan. Sehingga apabila sering terkena sariawan maka konsumsilah buah tersebut untuk mencegah terjadi sariawan.
3.      Dapat Menguatkan gigi serta menyehatkan gusi
Kandungan vitamin C dan kalsium yang terdapat dari buah rambusa ini cukup baik untuk gigi. Sehingga buah ini dapat membantu mnguatkan gigi dan mencegah berbagai macam infeksi mulut yang bisa menempel pada gusi.
4.      Mencegah anemia
Penyakit anemia disebabkan karena kurangnya sel darah merah dari dalam tubuh. Buah dari tanaman ini mengandung banyak zat besi yang mampu menjadi sumber penambah sel darah merah dalam tubuh, sehingga dapat mencegah penyakit anemia.
5.      Dapat Menyehatkan tulang
Tanaman rambusa memiliki kandungan kalsium yang dapat menyehatkan tulang. Mengkonsumsi buah ini cukup baik sebagai langkah untuk menyehatkan tulang karna tulang yang sehat harus diberi asupan kalsium yang cukup.
6.      Sebagai obat penyakit ginjal
Buah ini terkenal ampuh sebagai obat penyakit ginjal. Ginjal yang sehat akan membantu seluruh tubuh dalam bekerja. Sehingga aktifitas dapat berjalan secra lancar.
7.      Sebagai pengontrol tekanan darah
Tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah pastinya itu sangat menggaunggu tubuh kita. Tekanan darah yang lebih terkontrol akan membuat tubuh lebih sehat, baik dan terutama terhindar dari berbagia macam penyakit akibat tekanan darah. Tanaman rambusa ini sangat baik dalam menjaga keseimbangan tekanan darah.
8.      Mengurangi depresi atau stress
Depresi atau stress tentunya sangat menggunggu dalam aktifitas tubuh, kerja menjadi lambat dan tidak karuan. Buah rambusa ini memiliki kandungan alami yang mampu menjadi penghilang stress serta depresi.
9.      Sebagai Anti Oksidan
Buah rambuasa ini memiliki kandungan anti oksidan yang dapat melawan radikal bebas sehingga daya tahan lebih kuat.
10.  Dapat Melancarkan sistem pencernaan
Rasa asam dan manis dari buah ini justru membantu dalam melancarkan pencernaan. Sehingga terhindar dari penyakit perut atau susah BAB.
Itulah 10 manfaat yang terdapat dalam buah rambusa untuk kesehatan tubuh. Tanaman ini tumbuh secara liar tetapi mengandung banyak sekali manfaat yang dapat dijadikan sebagai obat. Semoga dapat bermanfaat sebagai pengetahuan untuk kita semua. Pola hidup yang sehat merupakan kunci utama dalam menjaga kesehatan tubuh tentunya. Jadi pastikan untuk selalu mengikuti pola hidup yang sehat.
Tanaman ciplukan londo atau rombusa mengandung banyak sekali manfaat walaupun tumbuh secara liar tetapi mengandung banyak sekali manfaat. Tentunya masih banyak lagi tanaman-tanaman liar yang belum kita ketahui manfaatnya. Terlihat liar tetapi sebenarnya memilki banyak seaklai manfaat untuk tubuh kita. Kenali lebih jauh tentang tananamn –tanaman disekitar kita bisa jadi itulah obat yang sedang kita cari dalam menyembuhkan suatu penyakit.

Sumber:
http://www.khasiat.co.id/buah/rambusa.html


Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Tegal Tobleg, unik dan menarik

Trigonometri