Manfaat guru memberi salam dan mengabsen saat pertama kali masuk kelas

Apakah masih ingat apa saja yang dilakukan guru saat pertama kali masuk kelas? 
yahh... tentunya salam kemudian mengabsen, dua kegiatan inti itu pasti tidak pernah lupa oleh guru. walaupun simpel tapi ternyata itu cukup berpengaruh lohh... 
Salam merupakan sebuah doa, diharapkan kita semua mendapat rahmat dari Tuhan YME. Banyak yang mengabaikan pentingnya salam, padahal secara tidak sadar itu semua sangat berpengaruh pada diri kita sendiri dan orang lain. apa yang dilakukan kita apabila guru lupa memberi salam. tentunya itu bergantung pada anak di kelas tersebut yah. jika anak sadar pasti dia langsung memberi salam. berikut ini manfaat salam yaitu sbeagai berikut:
1. ucapan doa
2. memberi kita semnagat di awal
3. merefresh otak kita
4. sebagai perwujudan rasa syukur terhadap Tuhan YME
5. membangun energi yang positif
itulah beberapa manfaat salam, barangkali ada yang mau menambahkan silahkan komen di bawah kolom komentar.
kegiatan inti kedua dari seorang gur adalah mengabsen. kalau guru kita lupa mengabsen rasanya ada yang aneh, lalu kemudian kita menegur gurunya kenapa tidak diabsen. karena mengabsen suatu kegiatan rutin jadi kalau tidak dilakukan pasti akan terasa berbeda seperti ada yang kurang. sebenarnya apa sih manfaat mengabsen sebelum kegiatan pemeblajaran:
1. mengecek kehadiran siswa
2. secara tidak langsung, guru ingin menghafal nama dan wajah kalian
3. mengecek apakah ada yang melamun, karena ketika diabsen pasti akan terlihat mana yang sedang sibuk dan mana yang sedang fokus memperhatikan guru
4. sebagai data terttulis  keaktifan siswa dalam keberangkatan
5. siswa merasa diperhatikan, dengan diabsen siswa tidak merasa diabaikan jadi ada yang memperhatikannya.
itulah beberapa manfaat mengabsen barangkali masih ada lagi silahkan komen di kolom komentar.
selain salam dan mengabsen tentunya kegiatan yang lain dilakukan oleh seorang guru sebelum memulai pembelajaran masih banyak lagi. tergantung dari gurunya, tetapi dua kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang pasti dilakukan oleh guru. 
membangun suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan itu sangat penting. karena dengan suasana yang menyenangkan maka siswa merasa tertarik dan termotivasi untuk belajar sehingga materi yang disampaikan oleh guru cepat masuk dan mudah dipahami oleh siswa. dengan begitu tujuan dari pemebrlajarn dapat tercapai dengan tepat.

"Hormatilah gurumu"

Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Tegal Tobleg, unik dan menarik

Ciplukan Londo Enak Rasanya Banyak Manfaatnya

Trigonometri