Kebiasaan Buruk Saat Ujian Yang Harus Dihindari


Kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan saat ujian adalah sebagai berikut:
1.      Mencontek
Mencontek agaknya sudah membudaya pada anak sekolah di Indonesia ini, padahal mencontek memiliki banyak sekali kerugian.
Tuntutan nilai yang semakin tinggi malah justru membuat anak semakin menajdi-jadi dalam mencontek. Model atau gaya menconteknyapun sekarang sudah beraneka ragam ada yang mencontek secara langsung kepada teman, membawa catatan, atau bahkan melalui media internet. Agaknya mereka para anak sekolah tidak merasa takut dengan kebiasaanya mencontek.
Tahukah kamu wahai anak sekolah bahwa nilai yang kamu peroleh adalah sebagai hasil pembelajaran yang kamu peroleh selama periode tertentu, nilai tersebut akan dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk pembelajaran yang akan dating. Jika nilainya memauskan maka bias jadi tidak ada perubahan dalam metode pembelajaran ditahun yang akan dating. Tetapi jika nilainya kurang memuaskan maka itu akan menajdi bahan perbaikan model pembelajaran ditahun mendatang.
Mencontek memiliki banyak sekali kerugian diantaranya:
a.       Hasil tidak murni
b.      Tidak memiliki rasa kepuasan terhadap nilai yang diperoleh
c.       Tidak ada kemajuan pada pembelajaran yang akan dating
2.      Sistem kebut semalam atau sks
Pola belajar system kebut semalam kurang efektif diterapkan saat ujian, karena dalam satu malam harus memahami atau mengahfal setumpuk materi itu tidak mungkin, kecuali kamu memang orang yang jenius. Jika menggunakan system ini bias jadi materi yang kamu pelajari malah jadi lupa semua. Jadi belajarlah sesaui kemampuan dirimu, jangan terlalu memaksakan diri kalua memang tidak mampu.
3.      Mengerjakan secara tergesa-gesa
Saat mengerjakan ujian diusahakan agar tetap tenang supaya semua materi yang sudah dipahami masih ingat, karena apabila dalam posisi gugup maka dapat menyebabkan materi mudah lupa.

Mungkin itulah kebiasaan buruk saat ujian yang hamper dilakukan oleh semua siswa. Sebaiknya kebiasaan buruk tersebut dihilangkan agar hasil yang diperoleh dalam pembelajaran dapat maksimal. Barangkali masih ada lagi mengenai hal buruk atau kebiasaan buruk anak sekolah saat mengahadapi ujian silahkan berikan komentarnya, terimakasih.

Sumber:
http://jhanuarpratama.blogspot.co.id/2014/11/6-kebiasaan-buruk-dalam-belajar-yang.

Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Tegal Tobleg, unik dan menarik

Ciplukan Londo Enak Rasanya Banyak Manfaatnya

Trigonometri