Media Pembelajaran Matematika Gaemon Untuk Belajar Berhitung


Geomon matematika merupakan sebuah alat peraga yang bebrbentuk persegi dengan ukuran 50cmx 50cm. Alat peraga ini terbuat dari papan triplek yang didesain menarik supaya siswa dalam belajar bangun ruang seperti kubus, balok dan limas lebih senang. Alat ini menggunakan bahan tambahan seperti seng dan magnet. Seng dan magnet berfungsi ketika alat peraga ini digantungkan didinding. Dilihat dari depan, nampak gambar seperti permainan monopoli khas dengan petak-petak, dadu, uang monopoli dan pion-pion. Pada umumnya permainan monopoli hanya bisa dimainkan pada posisi mendatar/ horisontal seperti halnya bermain catur. Namun, alat peraga ini didesain dengan dua posisi, yaitu posisi horisontal ( ditaruh diatas meja/ lantai ) dan posisi vertikal ( bisa digantungkan didinding). Alat peraga ini dapat dimainkan 2- 5 orang dengan salah satu pemain menjabat sebagai pejabat bank. Aturan permainanya tidak jauh berbeda dengan permainan monopoli pada umumnya, tetapi ada beberapa peraturan yang berbeda seperti sertifikat diganti dengan formula card, setiap melewati petak harus menjawab pertanyaan yang telah disediakan, dan sebagainya.
Tujuan alat peraga ini adalah untuk memudahkan dan membantu  siswa menghafal  rumus-rumus dalam pokok bahasan bangun ruang dimensi 3 serta memberikan informasi lain bahwa  matematika tidak hanya menyajikan rumus dan hafalan tetapi dapat disajikan dengan permainan yang dapat bermanfaat bagi siswa itu  sendiri.
Langkah-langkah penggunaan Geomon        
  1. Bagi kelas menjadi 4 kelompok
  2. Minta salah satu peserta didik sebagai bank
  3. 4 kelompok akan berperan sebagai pemain Setiap kelompok diberi modal awal dari bank
  4. Guru berperan sebagai mediator dan hakim yang memutuskan benar salahnya jawaban peserta didik
  5. Setiap kelompok bergantian melempar dadu
  6. Setiap pemain dalam kelompok bergantian untuk melempar dadu.
  7. Setiap melewati petak harus menjawab pertanyaan yang telah disediakan
  8. Jika tidak berhenti di kotak chance atau comunnity chest, maka pemain harus mengambil kartu dan  mendiskusikan jawaban dari pertanyaan dalam kartu bersama teman kelompoknya dan menunjukkan jawaban kepada guru. Guru yang memutuskan benar atau tidaknya jawaban peserta didik
  9. Kelompok yang menang adalah kelompok yang memiliki jumlah uang terbanyak
Semoga dapat bermanfaat dalam proses belajar anak. Banyak media pembelajaran yang digunakan untuk melatih anak belajar matematika. Sehingga dengan penggunaan media tersebut diharapkan anak lebih bersemangat dalam belajar sekaligus melatih praktek pengalaman dalam penerapan matematika.

Sumber:

Dilansir dari artikelmatematika01.blogspot.co.id

Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Tegal Tobleg, unik dan menarik

Ciplukan Londo Enak Rasanya Banyak Manfaatnya

Trigonometri