Media Pembelajaran Matematika Gaemon Untuk Belajar Berhitung
Geomon matematika merupakan sebuah alat peraga yang
bebrbentuk persegi dengan ukuran 50cmx 50cm. Alat peraga ini terbuat dari papan
triplek yang didesain menarik supaya siswa dalam belajar bangun ruang seperti
kubus, balok dan limas lebih senang. Alat ini menggunakan bahan tambahan
seperti seng dan magnet. Seng dan magnet berfungsi ketika alat peraga ini
digantungkan didinding. Dilihat dari depan, nampak gambar seperti permainan
monopoli khas dengan petak-petak, dadu, uang monopoli dan pion-pion. Pada
umumnya permainan monopoli hanya bisa dimainkan pada posisi mendatar/
horisontal seperti halnya bermain catur. Namun, alat peraga ini didesain dengan dua
posisi, yaitu posisi horisontal ( ditaruh diatas meja/ lantai ) dan posisi
vertikal ( bisa digantungkan didinding). Alat peraga ini dapat dimainkan 2- 5
orang dengan salah satu pemain menjabat sebagai pejabat bank. Aturan
permainanya tidak jauh berbeda dengan permainan monopoli pada umumnya, tetapi
ada beberapa peraturan yang berbeda seperti sertifikat diganti dengan formula
card, setiap melewati petak harus menjawab pertanyaan yang telah
disediakan, dan sebagainya.
Tujuan alat peraga ini adalah untuk memudahkan dan
membantu siswa menghafal rumus-rumus
dalam pokok bahasan bangun ruang dimensi 3
serta
memberikan informasi lain bahwa matematika tidak hanya
menyajikan rumus dan hafalan tetapi dapat disajikan dengan permainan yang dapat
bermanfaat bagi siswa itu sendiri.
Langkah-langkah penggunaan Geomon
- Bagi
kelas menjadi 4 kelompok
- Minta
salah satu peserta didik sebagai bank
- 4
kelompok akan berperan sebagai pemain Setiap kelompok diberi modal awal
dari bank
- Guru
berperan sebagai mediator dan hakim yang memutuskan benar salahnya jawaban peserta didik
- Setiap
kelompok bergantian melempar dadu
- Setiap
pemain dalam kelompok bergantian untuk melempar dadu.
- Setiap
melewati petak harus menjawab pertanyaan yang telah disediakan
- Jika tidak berhenti di kotak chance
atau comunnity chest, maka pemain harus mengambil kartu dan mendiskusikan
jawaban dari pertanyaan dalam kartu bersama teman kelompoknya dan
menunjukkan jawaban kepada guru. Guru yang memutuskan benar atau tidaknya
jawaban peserta didik
- Kelompok
yang menang adalah kelompok yang memiliki jumlah uang terbanyak
Semoga dapat bermanfaat dalam proses belajar anak.
Banyak media pembelajaran yang digunakan untuk melatih anak belajar matematika.
Sehingga dengan penggunaan media tersebut diharapkan anak lebih bersemangat
dalam belajar sekaligus melatih praktek pengalaman dalam penerapan matematika.
Sumber:
Dilansir dari artikelmatematika01.blogspot.co.id
Comments
Post a Comment