Berbagai macam kesalahan dalam mengajar

Menjadi seorang guru menuntut kita harus belajar terus menerus tanpa henti karena pada hakekatnya ilmu itu terus berkembang. seperti yang saya alami sendiri, suatu ketika saya mempunyai jam mengajar di kelas tertentu tetpai saya tidak menyiapkan apapun untuk tugas saya mengajar, akhirnya apa yang terjadi pembelajaran tidak berlangsung maksimal tidak seperti apa yang kita harapkan.
Berbagai permasalahan muncul karena kecerobohan saya yang tidak profesional ketika mengajar. seperti pemberian materi kepada siswa yang kurang maksimal, masih ada materi yang saya berikan keliru. memberikan materi yang salah kepada siswa adalah satu kesalahan terbesar dan termasuk dosa besar. saya terus terbayang-bayang akan kesalahan yang saya lakukan dan ingin segera saya perbaiki kesalahan tersebut.
tetapi semua itu butuh proses dan harus ada aturannya, saya tidak bisa serta merta langsung membenarkan kesalahan yang saya lakukan. karena apabila saya ceroboh lagi maka yang akan terjadi adalah siswa akan meremehkan gurunya dan menganggap gurunya kurang mengusai dalam materi. untuk itu diperlukan keahlian seorang guru dalam memperbaiki kesalahan agar tidak terjadi kesalahan yang lainnya. 
masalah lain yang timbul akibat kecerobahan saya adalah pemberian latihan soal dan tugas yang kurang terstruktur, itu terlihat seperti dadakan tidak ada persiapan apapun. sehingga tugaspun menjadi berantakan dan siswa menjadi lebih bingung dengan tugas yang diberikan oleh guru. 
oleh sebab itu sebagai seorang guru kita diwajibkan untuk terus belajar dan terus belajar, setiap kita akan mengajar hendaklah belajar terlebih dahulu. persiapkan semua kebutuhan dan peralatan yang digunakan untuk mengajar agar proses pembelajran berlangsung maksimal sesuai dengan apa yang kita harapkan. 
insan pembelajar sepanjang hayat adalah seorang guru, inilah tugas yang harus kita tanggung dan terus kita pertanggungjawabkan. mendidik anak menjadi generasi penerus yang berkualitas adalah tugas kita, jangan sampai ada kesalahan dalam mendidik mereka para geerasi penerus bangsa.
cukupi segala kebutuhan mereka agar mereka menjadi puas dengan apa yang kita berikan. walau sekarang banyak sekali media belajar yang digunakan oleh siswa mulai dari online sampai bimbel. tetapi yang paling efektif untuk anak belajar adalah seorang guru.

Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Tegal Tobleg, unik dan menarik

Ciplukan Londo Enak Rasanya Banyak Manfaatnya

Trigonometri