Makanan atau Cemilan Untuk Menghilangkan Stres



Setiap orang memiliki massalahnya masing-masing, kadang kita sangat terbebani dengan masalah yang kita hadapi hingga membuat kita menjadi stres. Beban tugas ditambah dengan masalah yang lain membuat kita kadang frustasi. Ingin rasanya segera menghilangkan beban tersebut, menghilangkan rasa stres. Ada berbagai cara untuk menghilangkan stres dan setiap orang memiliki caranya masing-masing. Ada yang harus pergi piknik, curhat bersama sahabat, atau makan-makanan kesukaan.
Biasanya orang meluapkan stresnya dengan memakan makanan kesukaan atau mengemil makanan secara terus-menerus. Walaupun itu baik untuk menghilangkan stres tapi perlu diperhatikan makanan yang anda konsumsi. Berikut ini berbagai makanan yang sehat sekaligus berfungsi untuk menghilangkan stres:
1.      Susu
Susu mengandung kalsium yang berguna untuk mengurangi ketegangan otot dan menenangkan saraf, sehingga susu menjadi salah satu obat untuk meredakan stres. Jika kamu sedang dalam program diet sebaiknya mengkonsumsi susu yang rendah lemak.
2.      Coklat
Coklat memang sudah terkanal sebagai obat untuk menghilangkan stres. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa coklat dapat mengurangi hormon stres.
3.      Alpukat
Kandungan kalium yang terdapat dalam alpukat dapat memberikan rasa tenang dalam otak
4.      Jeruk
Jeruk memang terkenal akan kandungan vitamin C nya. Vitimin C ini bermanfaat untuk kekebalan tubuh dan menurunkan tekanan darah. Jadi sangat cocok bagi kamu yang sedang stres memakan jeruk karena dapat menurunkan tekanan darah.
5.      Berry
Buah berry memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat cocok untuk meredakan stres.
6.      Pisang
Kandungan vitamin A, B, dan C yang terdapat pada pisang dapat menurunkan tekanan darah. Karena saat stres tekanan darah menjadi tinggi, sehingga mengkonsumsi pisang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah.
7.      Yogurt
Mengkonsumsi yogurt dapat menginkatkan serotonin dalam otak yang memberikan rasa nyaman sehingga dapat meredakan stres
8.      Oatmeal
Oatmeal mengandung karbohidrat yang komplek, yang dapat menghasilkan serotonin dalam otak. Serotonin dalam otak memberikan rasa nyaman, sehingga dapat meredakan stres.
9.      Es krim
Siapa sih yang tidak suka es krim, hampir semua orang menyukai makanan ini. Perpaduan antara susu dan krim membuat kita menjadi nyaman saat mengkonsumsinya sehingga dapat menghilangkan stres. Kandungan amino trytopan dapat menenangkan otak.
10.  Kacang almond
Kandungan vitamin B, zat besi, magnesium dan vitamin E yang terdapat pada kacang almond sangat membantu untuk meredakan stres.
11.  Kacang mente
Kandungan Zink yang terdapat pada kacang mente sangat baik untuk kita, agar tubuh tetap tenang.
12.  Gandum
Ternyata mengkonsumsi gandum dapat meningkatkan jumlah serotonin dalam otak kita yang berfungsi untuk menghilangkan stres.
13.  Salmon
Ketika kita sedang stres horman adrenalin dan kortisol meningkat. Nah kandungan Omega 3 dalam ikan salmon dapat melawan dampak negatif dari horman stres.
14.  Sayuran berdaun hijau
Sayuran hijau banyak sekali jenisnya contohnya ada bayam atau  asparagus mengandung folat yang menghasilkan dopamin, merupakan suatu zat yang merangsang kebahagiaan.jadi kalau memakan sayuran hijau selain baik untuk tubuh kita karena kan zat hijau daun juga berfungsi agar kita tetap tenang.
15.  Teh
Teh mengandung banyak manfaat untuk tubuh kita. Meminum teh di pagi hari dapat menjaga mood kita agar tetap baik. Berdasarkan penelitian di Jepang, orang yang meminum teh 4 gelas setiap harinya akan terhindar dari resiko stres dan depresi. Selain itu teh juga dapat berfungsi sebagai penurun berat badan, terutama teh hijau. Sangat cocok bagi anda yang sedang dalam program diet.
Beberapa makanan yang bisa kamu jadikan sebagai cemilan untuk menghilangkan stres menjadi solusi kamu. Tetapi ingatlah sesutu yang berlebihan itu tidak baik, jaid bijaklah dalam memakan makanan. Penuhi kebutuhan tubuh sekadarnya saja. Jika stres masih tetap melanda sebaiknya cari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah anda. Segera temukan solusinya, jangan biarkan masalah menjadi berlarut-larut.


Sumber
Dilansir dari food.idntimes.com (24/02/2018)

Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Tegal Tobleg, unik dan menarik

Ciplukan Londo Enak Rasanya Banyak Manfaatnya

Trigonometri