Pengertian dan Manfaat doa

Doa, apa sebenarnya doa itu?
Doa merupakan permohonan atau permintaan sesuatu yang baik kepada Allah SWT, seperti miminta keslamatan dunia dan akherat, rizki yang halal, dimudahkan segala urusannya dan keteguhan iman. doa merupakan kekuatan bagi setiap insan yang mempercayainya. dengan adanya doa manusia yakin bahwa ALlah SWT akan memberikan yang terbaik untuk diri kita. sebaiknya kita berdoa kepada Allah SWT setiap saat karena kita tidak tahu kapan doa kita didengar olehNya, percayalah bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik untuk hambanya.

Kenapa sih kita harus berdoa?
dengan berdoa kita menjadi yakin akan adanya Allah SWT , selain itu tujuan kita berdoa adalah untuk mengungkapkan rasa syukur kita terhadap ALlah SWT. meminta perlindungaan Allah SWT dari setan yang terkutuk dan memohon hdup selalu dalam bimbingan ALlah SWT.

kapan Sebaiknya kita berdoa?
waktu-waktu yang baik atau mustajab untuk berdoa kepada Allah SWT adalah setelah sholat wajib/fardu, ketika membaca Al-Quran, saat berpuasa wajib atau sunah, pada saat tengah malam setelah sholat tahajud, saat melaksanakan ibadah haji, saat sahur, dan saat menjelang berbuka puasa.


Dalam berdoa kita juga harus memperhatikan adab kita atau tata cara berdoa agar doa kita cepat di dengar oleh Allah SWT. Adapun adab dalam berdoa diantaranya yaitu menghadap ke kiblat atau ka'bah, sebelum berdoa membaca basamalah, istighfar dan hamdalah. kemudian diikuti solawat nabi Muhamad SAW keluarga dan para sahabatnya, mengangkat kedua telapak tangan sebelum berdoa dan mengusap muka dengan telapak tangan setelah doa, melembutkan suara dan tenang saat berdoa, berharap agar doanya diterima ALlah SWT, khusuk, ikhlas dan serius, beroda berulang-ulang di lain waktu untuk menunjukkan keseriusan kita agar dikabulkan oleh Allah SWT, stelah berdoa ditutup dengan sholawat nabi dan pujian pada Allah SWT.

demikianlah kulasan tentang doa, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Apabila ada kesalahan dalam penulisan, kami mohon maaf. silahkan komen dibawah jika ada perlu tambahan atau perbaikan dalam artikel ini. terimakasih.



sumber:
www.organisasi.org

Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Tegal Tobleg, unik dan menarik

Ciplukan Londo Enak Rasanya Banyak Manfaatnya

Trigonometri