Super Amazing!!! - kumpulan cerita anak yang disajikan dengan fakta sains dan sunah nabi



Judul Buku : Super Amazing !!! Cerita-cerita dan Fakta Sains Sunah Nabi
Penulis : Wulan Mulya Pratiwi dan Dini W.Tamam
Ilustrator : Novel Varius
Halaman : 128 halaman
Penerbit : Ziyad Books
Saya tertarik dengan salah even menulis cerita anak dari Mizan. Jujur saya jarang sekali membaca buku mengenai cerita anak maklum yah karena belum berkeluarga jadi berfikir buat apa baca buku anak. Hihihi... Karena tertarik dengan even inilah jadilah saya berminat untuk membaca salah satu buku cerita terbitan Ziyad Books.
Dari judulnya terlihat berat yah fakta sains ada dalam cerita anak? Ternyata buku ini memberikan gambaran tentang keseharian kita yang kemudian dihubungkan dalam sains. Hal yang begitu luar biasa menurutku, ini sangat cocok untuk anak-anak terutama anak usia sekolah dasar. Pendidikan karakter sangat kental dalam buku ini yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat sepuluh sub bab judul mulai dari cara menyikat gigi, merapikan kuku, membuang sampah, hingga olahraga supaya tubuh tetap sehat dan kuat. Bahasa yang disajikan juga menggunakan bahasa yang ringin sehingga mudah dipahami oleh anak-anak.
Buku ini mempunyai kelebihan diantaranya:
1.      Buku ini menyajikan permasalahan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga anak-anak dapat menggambarkan alur ceritanya dengan mudah sekaligus dapat langsung mempraktekannya. Sebagai contoh pada sub bab membuang sampah pada tempatnya, cerita yang sajikan cukup menarik karena mengambil dalam kegiatan sekolah seperti kerja bakti. Kemudian terdapat klimaks dimana si tokoh dalam cerita lupa untuk mencuci tangan setelah memunguti sampah, hingga akhirnya tanpa disadari dia makan tanpa mencuci tangan dan akhirnya si tokoh terkena diare esok harinya. si tokoh pun berfikir jika apa yang dia lakukan termasuk sampah dalam jumlah kecil lalu bagaimana jika sampah dalam jumlah besar. Nah dari situ dijelaskan mengenai dampak membuang sampah sembarangan seperti berakibat banjir, munculnya berbagai macam penyakit dan lain sebagainya.  Dari cerita tersebut anak-anak bisa menggambarkan bagaimana akibatnya jika membuang sampah sembarang yang pada akhirnya akan merugikan diri sendiri, orang lain dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. 
2.      Disetiap sub bab judul terdapat pojok sains. Pojok sains menjelaskan mengenai tata cara yang benar dalam praktek sesuai dengan topik yang diangkat dan berbagai macam pengetahuan seputar sains yang mendukung topik tersebut. Contoh pada sub bab cara menyikat gigi, disajikan cara menyikat gigi yang benar sehingga anak-anak mendapatkan pelajaran yang dapat dipraktekkan langsung. Pada sub bab membuang sampah pada tempatnya terdapat pojok sains yang menjelaskan beberapa jenis penyakit akibat membuang sampah sembarangan.

3.      Selain pojok sains terdapat pula pojok aktivitas. Pojok aktivitas ini menyajikan latihan untuk anak-anak sebagai penerapan dari apa yang telah dibacanya. Sebagai contoh pada sub bab menyikat gigi, disajikan bacaan mengenai jenis-jenis gigi dan dilengkapi dengan latihan berupa gambar yang menujukkan jenis-jenis gigi tersebut.

4.      Tampilan buku ini juga cukup menarik karena buku yang berwarna dan penuh gambar ini sehingga anak tidak mudah bosan dalam membaca.
5.      Setiap akhir sub bab judul terdapat hadis-hadis yang menguatkan topik permasalahan. Lengkap bukan, selain ilmu sains anak dapatkan ilmu agama juga ada dalam buku ini.

Intinya recomen deh buat anak-anak selain mengajarkan cara berperilaku juga dikaitkan dengan sains dan hadis nabi, tambah soleh kan anak kita…ups...jadi pengin segera punya anak nih … Karena judul yang disajikan hanya sepuluh maka cukup cepat untuk menyelsaikan satu buku ini. Mungkin kedepannya lebih banyak judul yang disajikan sehingga wawasan anak juga akan bertambah banyak. Tapi sajauh ini sangat cocok untuk tambahan pengetahuan dan literasi anak-anak

Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Tegal Tobleg, unik dan menarik

Ciplukan Londo Enak Rasanya Banyak Manfaatnya

Trigonometri