Berbagi Pengalaman Mengikuti Tes CPNS


Pengalaman kedua mengikuti tes CPNS
Menjadi CPNS di Indonesia adalah hal yang paling didambakan oleh setiap orang. Ternyata perkembangan zaman tidak merubah keinginan warganya untuk beralih profesi menjadi wiraswasta, buktinya setiap ada momen pedaftaran CPNS selalu dibanjiri jutaan pelamar. Termasuk saya salah satunya yang mengidam-idamkan menjadi CPNS untuk tenanga pendidikan atau guru.
Bagiku menjadi seorang CPNS adalah sebuah keharusan dari seorang guru. Menjadi CPNS seperti mendapatkan legalitas untuk mengajar dan mendidik peserta didik. Saya merasa saat ini tidak memiliki kebebasan untuk mengembangkan karirku terutama dalam dunia pendidikan. Seperti ada batas tersendiri bagi seorang guru honorer yang tidak punya kuasa penuh dalam mengajar. Saya merasa hanyalah seorang pengganti sementara, setiap ingin mencoba sesuatu hal yang baru dalam mendidik peserta didik ada rasa takut sendiri dalam diri. Apakah benar saya melakukan ini? Bagaimana kalau apa yang saya lakukan tidak berjalan dengan lanar? Apakah aku masih diakui sebagai seorang guru? Begitu banyak pertanyaan muncul dalam benak untuk mencoba metode pembalajaran yang berbeda. Dalam hati ingin rasanya menerapkan metode pembelajaran sesuai dengan perkembangan zaman, apa yang telah aku peroleh dalam bangku perkuliahan ingin saya terapkan. Tapi lagi-lagi rasa takut selalu muncul. Alasan inilah yang menguatkan aku ingin menjadi CPNS.
Alasan lain tentu ada yah, bukan menjadi rahasia kalau gaji seorang guru honorer itu berapa. Saya yakin hampir semua lapisan masyarakat mengetahui gaji guru honorer. Bukannya matre atau hanya memandang uang, tetapi manusiawi saja yah sebagai manusia kita butuh sandang, pangan, dan papan. Untuk memenuhi kebutuhan hidup banyak guru honorer mengambil kerja sampingan seperti mengajar di bimbel, berdagang dan lain sebagainya. Kenapa tidak meninggalkan saja pekerjaan sebagai seorang guru? Toh gajinya cuman sebrapa? Pasti banyak yang berkata begitu. Bagi seorang mengajar memang sebuah panggilan jiwa, yah entah mengapa mengajar menjadi magnet sendiri bagi seorang guru. Walaupun dibayar tidak seberapa tapi rasa nyaman dalam mengajar mengalahkan segalanya. Bertemu dengan anak-anak , berkomunikasi, belajar, aktivitas dengan mereka sangat menyenangkan. Yah walaupun kadang kenakalan mereka muncul menguji kesabaran. Tapi begitu kita diingat-ingat itu cukup menarik.
Saya mengikuti CPNS di tahun 2019 ini adalah untuk kedua kalinya. Mencoba keberuntungan barangkali ini adalah rejekinya saya. Walau kelihatan konyol hanya mengandalkan rejeki tidak akan tertukar. Formasi untuk guru yang sesuai dengan bidangku cukup luar biasa, bagaimana tidak satu kabupaten hanya dibutuhkan empat saja. Dari empat formasi tersebut jumlah pelamar mencapai 645 orang. Bayangkan saja perbandingannya 4:645 angka yang cukup fantastis bukan. Jika melihat angka itu saya jadi teringat cerita menganai tanda-tanda kiamat. Salah satu tanda kiamat adalah terbukanya gunung emas yang ada disungai efrat, setiap orang akan berlomba-loba untuk mendapatkannya. Dari 100 orang yang mencoba untuk merebutnya hanya ada 1 saja yang akan mendapatkannya, mereka saling bertempur membunuh satu sama lain untuk mendapatkanya. Dan dari 100 orang tersebut mereka berfikir semoga akulah 1 orang itu yang beruntung. Menurut kalian mirip tidak dengan tanda-tanda kiamat tersebut?
Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh lembaga bimbingan belajar CPNS dari 100% pelamar hanya 10% saja yang benar-benar mempersiapkan untuk mengikuti tes CPNS. Jadi dapat disimpulkan rata-rata pelamar hanya mengandalkan nasib baik semoga berpihak pada mereka. Walaupun tetap belajar mendakati hari H kira-kira satu minggu sebelum tes banyak yang sibuk mempersiapkan diri. Metode itu cukup efektif tidak yah menurut kalian? Kalau menurutku sangat-sangat tidak efektif. Ini berdasarkan pengalamanku sendiri yah, saya belajar kira-kira dua minggu sebelum tes dan hasilnya sungguh cukup mengeceawakan. Ini terjadi pada saat tes CPNS yang pertama.
Pada tes CPNS tahun ini berbeda, belajar dari kesalahan kemarin yang banyak sekali ditemukan kesalahan seperti server down mulai dari pendaftaran hingga saat tes harus ngaret hingga tengah malam baru tes bahkan ada yang sampai diganti jadwalnya. Kemudian passing grade yang cukup tinggi membuat para pelamar cukup kesulitan untuk lolos termasuk saya. Sehingga banyak terjadi kontra dimasyarakat, seperti dalam formasi di salah satu instansi tidak ada yang lolos passing grade. Hal ini membuat pemerintah mengambil kebjikan dengan mengambil parenkingan nilai tertinggi. Dan saya kurang beruntung di tes CPNS pertama, karena yang lolos passing grade juga lumayan banyak walaupun saya berada di urutan 11. Nah pada tahun ini ada kemajuan semuanya berjalan dengan lancar, dari pendaftaran juga cukup aman tidak ada galat. Tes juga berjalan dengan lancar. Oh ya untuk ambang batas atau passing grade juga diturunkan.
Dari banyak kemudahan tersebut ternyata yang lolos passsing grade cukup banyak termasuk saya. Setiap lolos passing grade passti berharap masuk dalam parankingan tiga besar. saya akan membagikan alur untuk tes CPNS untuk teman-teman semua barangkali suatu saat berguna.
Untuk tes CPNS terdiri dari beberapa tahap yaitu:
  1. Seleksi administrasi

Pada seleksi administrasi teman-teman harus menyiapkan semua dokumen yang diperlukan dan harus sesuai dengan instruksi pada lampiran syarat-syarat pelamar. Dokumen yang perlu disiapkan antara lain foto, ijazah, transkip nilai, KTP, surat lamaran sesuai dengan formasinya, surat pernyataan, dan lain sebagainya. Setiap instansi memiliki syarat yang berbeda-beda. Ini hanya gambaran saja yah teman-teman berdasarkan pengalaman saya.
2. Tes SKD
SKD (seleksi kompetensi dasar) yah sesuai namanya tes ini dilakukan dengan sistem CAT. Terdiri dari 3 materi pokok yang diujikan yaitu TWK (Tes Wawasan Kebangsan), TIU (Tes Intelegnsi Umum), dan TKP (Tes Karakteristik Kepribadian). Untuk lolos TWK harus memperoleh nilai minimal 65, TIU minimal 80, dan TKP minimal 126. Pada tahun ini yang menjadi momok menakutkan adalah soal TWK. Banyak yang sudah menghafalkan undang-undang, butir-butir pancassila, tanggal-tanggal penting, dan apa yang terjadi jreng-jreng... semua itu tidak keluar. Untuk TWK tahun ini lebih banyak soalnya ke penarapan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga merasa jawabannya hampir mirip semua.
Pada intinya tes SKD menurutku adalah pintu yang paling sulit untuk ditembus. Pada tahap ini banyak berguguran pejuang CPNS. Tapi jika disipkan dengan matang, dari jauh-jauh hari sudah berlatih terus menerus mungkin hasilnya akan berbeda. Karena semuanya juga butuh persiapan. Oke lets go untuk persipan yang lebih mantap.
Oh ya saya mamu berbagi untuk alur tesnya ya teman-teman. Sebelum tes akan ada pengumuman dari bkn atau bkd sesuai dengan formasinya menganai jadwal tes meliputi hari, tanggal dan sesi serta tempat. Setalah sudah tahu meneganai jadwal dan lokasinya mulailah berfikir akomadi untuk menuju lokasi tes dari pembelian tiket yang jauh-jauh hari juga sangat penting yah teman-teman. Pada saat tes kita tidak diperbolehkan membawa apapun termasuk alat tulis karena semuanya sudah disiapkan oleh panitia. Oh ya tidak boleh juga memagai benda logam, memakai perhiasan juga dilarang, apalagi HP sangat dilarang keras. Waktu yang disediakan untuk mengerjakan soal 100 adalah 90 menit. Bisa dibayangkan dong teman-teman untuk mengerjakan satu soal tidak boleh leboh dari satu menit. Ketika selesai mengerjakan nilai langsung keluar, jadi persiapkan mental juga yah untuk mendapatkan kejutan langsung. Jika nilai sudah keluar kita bisa langsung memprediksi lolos atau tidaknya. Saran saya harus siap untuk mental tegar yah teman-teman.
3.     Tes SKB
Untuk tes SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) jumlah saingannya berkurang banyak ini teman-teman. Walaupun saingannya sedikit tapi cukup tangguh loh, jadi harus tetap persiapkan dengan matang yah. Tes SKB sesuai dengan jurusan yang diambil, tapi katanya soalnya luar biasa juga sih. Butuh persiapan yang matang intinya. Jika sudah lolos ditahap ini berikutnya aman-aman saja yah teman-teman.
4. Wawancara dan pemberkasan
Kalau sudah ditahap ini yang terpenting ikuti terus informasi terupdate menganai jadwal dan data-data yang diperlukan harus disipakan.
Mungkin itu saja gambaran umum mengani tes CPNS berdasarkan pengalaman pribadi saya. Jika ada yang kurang atau ada yang salah silahkan komen di kolom komentar yah teman-teman. Sukses untuk kita semua.

Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Tegal Tobleg, unik dan menarik

Ciplukan Londo Enak Rasanya Banyak Manfaatnya

Trigonometri