Cara Memanfaatkan Waktu yang Sangat Berharga

Dalam sehari ada 24 jam, pernahkah kita mengealuasi diri kita sendiri untuk apa saja waktu yang telah kita lewati dalam sehari? Apakah lebih banyak dalam hal positif atau mungkin lebih banyak pada hal-hal yang tidak begitu berguna? Ingatlah kita pada sabda nabi "sungguh kita termasuk dalam golongan orang yang merugi karena telah menyia-nyiakan waktu". Untuk menghindari hal yang sia-sia kita perlu untuk membuat scdule harian kita. Tujuannya apa tentu saja agar waktu yang akan kita lewati bermanfaat untuk diri kita sendiri dan tentunya orang lain. 
Hal yang tidak akan pernah kembali adalah waktu. Waktu berlalu begitu cepat hingga kita tak sadar bahwa semakin banyak waktu yang telah kita lewati diri kita sendiri semakin menua. Kalau sudah seperti itu mau bagaimana? Jangan sampai kita mengeluh dihari tua nanti. Kecantikan, kecerdasan, kesehatan, dan masa muda adalah hanyalah hal yang fana semua itu akan sirna seiring berjalannya waktu. Kita harus tahu betul bahwa apa yang harus kita tinggalkan supaya tetep abadi. Kita harus benar-benar memikirkan adakah hal yang bermanfaat pada diri kita untuk orang lain. 
Berkarya adalah satu yang dapat kita lakukan untuk tetap terus bermanfaat untuk orang lain. Dengan adanya karya yang kita tinggalkan meskipun kita sudah tua, semakin pikun, kesehatan tidak lagi seperti dulu, tapi karya inilah yang akan selalu memberikan manfaat untuk orang lain. Berkarya tidak selalu menunjukkan hal yang menakjubkan dengan membuat ciptaan tertentu melainkan kita bisa memulainya dengan hal yang simple, misalnya jika kita memiliki hobi tertentu abadikanlah hobi anda lewat tulisan. Yah menulis adalah salah satu bentuk hal yang simple dalam berkar. Tulis apa saja yang kita bisa, mulai dari hobi kita, makanan favorit kita, pekerjaan kita ataupun kehidupan kita. Semua itu akan tercatat abadi. Kita tidak pernah tahu jika ternyata tulisan kita bermanfaat untuk orang lain.
Selalu evaluasi diri kita terutama pada sang pencipta. Kita diberikan nikmat sehat tentunya harus lebih banyak bersyukur. Kewajiban kita kepada sang pencipta jangan pernah ditinggalkan karena hanya penciptalah yang memberikan banyak anugrah kepada kita. Ibadah merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita terhadap pencipta. Ingatlah selalu kewajiban kita pada sang pencipta, apa saja yang harus kita laksanakan dan apa saja yang harus kita tinggalkan, lakukanlah dengan sebaik mungkin agar hati kita menjadi tentram. Sesungguhnya ketentraman hati kita terletak pada sang pencipta, bagaimana kita berkomunikasi dengan-Nya. 
Terus lakukanlah hal-hal yang positif agar hidup kita menjadi lebih bermanfaat. Sungguh akan terasa nikmat dan terasa bangga dengan diri kita sendiri apabila kita memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Teruslah berusaha menjadi pribadi yang lebih baik, pribadi yang selalu ingat pada sang pencipta, pribadi yang selalu ingin terus belajar, dan pribadi yang selalu mengevaluasi diri.

Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Tegal Tobleg, unik dan menarik

Ciplukan Londo Enak Rasanya Banyak Manfaatnya

Trigonometri