Cara Membuat Vidio Pembelajaran Menggunakan X-Recorder

X-Recorder merupakan sebuah aplikasi tangkap layar yang dapat digunakan untuk merekam suara dan layar yang sedang berjalan. Aplikasi ini dipakai pada smartphone. Selain itu aplikasi ini juga cukup ringan sehingga tidak memberatkan memori internal hp kita. Sebenarnya pada smartphone terdapat aplikasi bawaan tangkap layar tapi biasanya tidak bisa merekam suara hanya layar saja.

X-Recorder ini sangat cocok digunakan dalam membuat vidio pembelajaran. Langkah-langkahnya cukup sederhana, berikut ini penjelasannya.

  1. Download X-Recorder. Kita bisa mendownloadnya di playstore. Berikut ini gambar aplikasi X-Recorder.
  2. Setelah kita mendownload langkah selanjutnya adalah menyiapkan materi atau presentasi di PPt. Kita bisa membuatnya di laptop atau PC kemudian kita pindahkan di HP. 
  3. Buka X-Recorder, nanti akan mncul beberapa tombol atau fitur yang ada dipinggir layar HP. Beberapa fitur memiliki fungsi yang berbeda-beda, untuk penjelasnnya berada di akhir artikel ini. 
  4. Buka presentasi PPt yang ada di HP kemudian play atau putar. setelah itu sentul tombol mulai merekam pada X-Recorder. 
  5. Akan ada pemberitahuan mengenai X-Recorder akan mulai merekam. Ikuti petunjuknya dan mulai menjelaskan materi. 
  6. Setelah selesai menjelaskan materi kemudian sentuh tombol X-Recorder dan pilih stop. 
  7. Secara otomatis vidio akan tersimpan digaleri kita. Kita bisa langsung membagikannya ke orang lain atau share di youtube kita.
Itulah langkah-langkah membuat vidio pembelajaran menggunakan X-Recorder. Selanjutnya mengenai beberapa fitur yang ada di X-Recorder.

  • Ketika kita membuka X-Recorder maka akan muncul tampilan beberapa fitur yang ada dipinggir layar HP seperti contoh berikut ini. 
  • Jika kita perhatikan gambar di atas, terdapat empat fitur yaitu tombol mulai merekam, alat, galeri, dan pengaturan. Kita bisa menyentuh tombol titik merah untuk memulai merekam. Kemudian nanti akan muncul pemberitahuan selanjutnya, ikuti perintahnya untuk merekam. 
  • Jika kita menyentuh alat maka akan muncul beberapa pilihan untuk menampilkan alat yang dapat kita gunakan untuk merekam. Alat tersebut seperti tangkap layar, kamera, dan kuas. Jika kita mengaktifkannya maka akan ada tombol yang muncul dilayar, yang sewaktu-waktu bisa kita gunakan. Misalkan kita mengaktifkan kamera maka layar kamera kita akan aktif dan merekam. berikut ini contoh tampilan ketika kita menyentuh alat. 
  • tombol yang ketiga adalah galeri. Menampilkan beberapa vidio yang telah berhasil kita rekam. Berikut ini contoh tampilannya. '
  • Tombol yang paling bawah adalah pengaturan. Kita bisa mengatur rekaman kita di menu ini. berikut ini contoh tampilannya. 
Itulah beberapa hal mengani X-Recorder yang dapat kita gunakan untuk membuat vidio pembelajaran. Semoga bisa bermanfaat , teman-teman bisa share artikel ini agar bisa bermanfaat untuk banyak orang. 
Jika ingin melihat tutorialnya melalui vidio teman-teman bisa klik link berikut ini. https://www.youtube.com/watch?v=nZUdIBMMWDc

Jangan lupa untuk like dan comment artikel ini jika ada yang mau ditanyakan atau mungkin tambahan informasi dari teman-teman. 

Penulis bisa dihubungi melalui FB: Rossiti Khoerunissa
                                                   IG: @k.rossnissa

Terimakasih teman-teman salam hangat dari saya. Nantikan artikel selanjutnya yah. 


#caramembuatvidio
#caramembuatvidiopembelajaran
#vidiopembelajaran
#aplikasitermudah
#aplikasitangkaplayar
#tangkaplayaruntukvidio
#langkahlangkahmembuatvidio


Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Tegal Tobleg, unik dan menarik

Ciplukan Londo Enak Rasanya Banyak Manfaatnya

Trigonometri